Perubahan Pada Sistem Pendidikan Pasca Pandemi di Indonesia

 

Perubahan Pada Sistem Pendidikan Pasca Pandemi di Indonesia


BANJARPOST - Perubahan Pada Sistem Pendidikan Pasca Pandemi di Indonesia, Pandemi covid 19 yang melanda seluruh dunia secara tidak langsung mengubah kebiasaan di masyarakat. Termasuk di dalamnya adalah bagaimana cara belajar di sekolah yang karena alasan kesehatan berubah menjadi pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi.

Setelah dua tahun berlangsung, pandemi kini mengalami penurunan yang cukup menggembirakan. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan sistem pendidikan pasca pandemi agar dapat mengejar ketertinggalan penguasaan kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik.

Oleh karena itu dipandang perlu untuk merancang sistem pendidikan pasca pandemi yang tepat agar para pendidik serta peserta didik tidak mengalami lagi gegar pada proses pembelajaran yang baru.

Salah satu cara untuk membantu proses pendidikan di Indonesia sesudah pandemi adalah dengan mengaktifkan practitioner penggerak yang telah di tatar beberapa waktu untuk mendalami hal ini. Lulusannya akan menjadi pionir di di sekolah dan di lingkungannya agar mendorong tumbuhnya komunitas pendidikan yang yang kreatif dan inovatif.

Kurikulum pendidikan yang fading baru adalah Merdeka Belajar. Sekolah dapat mempertimbangkan serta mempergunakan seluruh elemen yang dimiliki untuk mengembangkan serta menetapkan kualitas pendidikan yang akan dicapainya selama peserta didik menempuh pendidikan di jenjang tersebut.

Sumber daya yang dimaksud mulai dari peningkatan kualitas practitioner sendiri, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah, serta anggaran biaya yang yang menjadi salah satu modal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut. Biaya tersebut dapat diperoleh dari dana BOS.

Sinergitas dengan Pihak Terkait

Merdeka belajar memberikan peluang kepada sekolah untuk memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada dengan tujuan mengembangkan kualitas pendidikan. Konsep ini memberikan kesempatan bagi sekolah untuk mengembangkan kompetensi pendidikannya melalui keterlibatan seluruh elemen masyarakat. Mulai dari orang tua sampai lingkungan setempat di mana satuan pendidikan itu berada.

Pengembangan sistem pendidikan pasca pandemi ini tentu harus melibatkan tidak hanya pemangku kebijakan, tetapi juga para pendidik yang berada di lapangan. Tujuannya agar terjadi sinergitas antara semua pihak yang terkait untuk mengejar ketertinggalan penguasaan kompetensi.

0 Komentar