Inilah 10 Rekomendasi Film tentang Teori Konspirasi yang Penuh Teka Teki

Inilah 10 Rekomendasi Film tentang Teori Konspirasi yang Penuh Teka Teki


BANJARPOST - Inilah 10 Rekomendasi Film tentang Teori Konspirasi yang Penuh Teka Teki, Bagi kalian yang sedang mencari tontonan seru, mungkin sejumlah film yang mengisahkan tentang teori konspirasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Terutama, bagi Anda yang sudah mulai bosan dengan genre komedi romantis dan alur cerita yang begitu-begitu saja.


Kebanyakan dari film dengan genre ini memiliki cerita yang mengejutkan dan dapat membuat penontonnya semakin ragu dengan banyak hal yang terjadi di dunia ini. Hal itu dikarenakan para penonton akan disuguhkan dengan sebuah cerita bahwa sebenarnya ada pihak-pihak tertentu di balik terjadinya sejumlah peristiwa penting di penjuru dunia.


Sebagai contoh, pandemi virus corona yang terjadi sejak dua tahun yang lalu. Banyak yang percaya bahwa fenomena ini disebabkan oleh pihak-pihak yang mencoba mengambil keuntungan. Bahkan, teori konspirasi ini sempat menjadi perbincangan hangat di sejumlah negara.


10 Film tentang Teori Konspirasi yang Tidak Boleh Dilewatkan


1. The Parallax View (1974)


The Parallax View yang dirilis pada tahun 1974 silam ini menjadi rekomendasi pertama untuk Parents. Film yang disutradarai Alan J. Pakula ini menceritakan tentang Joe Frady, seorang reporter gigih yang seringkali harus mempertahankan karyanya pada rekan-rekannya.


Namun setelah pembunuhan seorang senator AS terkemuka, Frady mulai memperhatikan bahwa wartawan yang hadir selama pembunuhan itu sekarat secara misterius. Semakin terlibat dalam kasus ini, dia menyadari bahwa pembunuhan itu adalah bagian dari konspirasi yang melibatkan Parallax Corporation.


Parallax Corporation adalah sebuah lembaga pelatihan yang penuh dengan teka-teki. Frady kemudian memutuskan mendaftar ke Parallax untuk menemukan kebenaran. Bagaimana nasib Joe Frady selanjutnya? Saksikan kisahnya di The Parallax View.


2. Film tentang Teori Konspirasi, All The President’s Men (1976)


Dua tahun kemudian setelah membuat The Parallax View, sutradara Pakula kembali hadir dengan film teori konspirasi lainnya yang berjudul All The President’s Men pada tahun 1976. Film ini mengisahkan tentang dua orang reporter bernama Carl Bernstein dan Bob Woodward yang berhasil mengungkap konspirasi politik yang dikenal sebagai ‘Skandal Watergate’.


Film All The President’s Men ini dibintangi oleh sederet aktor terkemuka seperti Dustin Hoffman (Carl Bernstein), Robert Redford (Bob Woodward), Jack Warden (Harry Rosenfeld), Martin Balsam (Howard Simons), dan lain sebagainya.


3. JFK (1991)


Film yang disutradarai oleh Oliver Stone ini menjadi salah satu tontonan teori konspirasi yang tidak boleh dilewatkan. Film JFK ini ditayangkan pada bulan Desember 1991 kepada seluruh Kongres di Capitol Hill. Ini mengarah pada dugaan pembunuhan Presiden John F. Kennedy yang dilakukan oleh sebuah kelompok berpengaruh kala itu.


Film JFK ini mengisahkan tentang kejadian yang terjadi pada 22 November 1963, di mana presiden Amerika John F. Kennedy dibunuh di Dallas. Lee Harvey Oswald ditangkap karena kejahatan tersebut dan kemudian ditembak oleh Jack Ruby, yang diduga membalas kematian presiden.


Penyelidikan menyimpulkan bahwa Lee Harvey Oswald dan Jack Ruby bertindak sendiri dalam kejahatan mereka, tetapi jaksa wilayah bernama Louisiana Jim Garrison ragu dengan hasilnya tersebut. Dia kemudian melakukan penyelidikannya sendiri dan menimbulkan reaksi keras dari pemerintah dan tokoh politik.


Adapun aktor yang berperan dalam film JFK antara lain Kevin Costner (Jim Garrison), Gary Oldman (Lee Harvey Oswald), Tommy Lee Jones (Clay Shaw), dan masih banyak lagi.


4. Vanilla Sky (2001)


Vanilla Sky menjadi salah satu rekomendasi film teori konspirasi yang wajib Anda tonton. Film yang dibintangi oleh Tom Cruise (David Aames) dan Penelope Cruz (Sofia Serrano) ini mengangkat kisah konspirasi sebuah perusahaan yang dapat mengendalikan orang lewat pencucian otak.


Dipenjara dan didakwa melakukan pembunuhan, David Aames menceritakan kisah tentang bagaimana dia sampai ke tempatnya saat ini kepada McCabe, psikolog polisi. Kisah itu meliputi menjadi pemegang saham 51% dari sebuah perusahaan penerbitan besar, yang ia warisi dari orang tuanya yang telah lama meninggal.


Seiring berjalannya cerita, David tidak yakin apa yang nyata dan apa itu mimpi karega banyak segi cerita tidak sesuai untuk menjadi nyata. Seolah-olah dia habis dicuci otaknya. Hanya seorang pria misterius yang mungkin bisa menjelaskan kebingungan David tersebut.


5. The Manchurian Candidate (2004)


Berikutnya adalah The Manchurian Candidate, sebuah film yang mengangkat teori konspirasi elit politik yang cukup mengerikan. Disutradarai oleh Jonathan Demme, film ini dirilis pada tahun 2004 dan dibintangi oleh Denzel Washington (Ben Marco), Liev Schreiber (Raymond Shaw), Meryl Streep (Eleanor Shaw), dan lain-lain.


Film ini menceritakan tentang Sersan Raymond Shaw yang menyelamatkan rekan-rekan prajuritnya tepat saat sang komandan, Kapten Ben Marco jatuh pingsan. Menjadikan insiden tersebut untuk modal politik, Shaw akhirnya menjadi calon wakil presiden.


Sementara, Marco dihantui oleh mimpi tentang apa yang terjadi di Kuwait. Saat dia menyelidiki, ceritanya mulai terungkap satu per satu, Mungkinkah seluruh unit diculik dan dicuci otak untuk percaya bahwa Shaw adalah pahlawan perang sebagai bagian dari rencana untuk merebut Gedung Putih? Saksikan kisah selengkapnya di The Manchurian Candidate.


6. The Da Vinci Code (2006)


Diangkat dari buku terlaris karya Dan Brown, The Da Vinci Code menampilkan cerita klasik kontemporer dari genre konspirasi. Film yang dibintangi oleh Tom Hanks (Robert Langdon) dan Audrey Tautou (Sophie Neveu) ini dirilis pada tahun 2006 silam.


Robert Langdong diceritakan sebagai seorang ahli simbol terkemuka dari Amerika Serikat, sementara Sophie Neveu adalah seorang kriptografer berbakat.


Mereka bekerja sama untuk memecahkan pembunuhan misterius yang menimpa salah satu kurator di museum Louvre Paris. Dalam pencarian mereka, Sophie dan Robert menemukan sejumlah fakta mengejutkan tentang korban.


7. Angel & Demons (2009)


Kali ini, terdapat sebuah film yang mengangkat konspirasi seputar dunia illuminati. Ia adalah film Angel & Demons yang disutradarai oleh Ron Howard dan dibintangi oleh sejumlah aktor ternama, yakni Tom Hanks (Robert Langdon), Ewan McGregor (Camerlengo Patrick), dan Ayelet Zurer (Vittoria Vetra).


Film yang dirilis pada tahun 2009 silam ini menceritakan tentang seorang ahli simbol Harvard Robert Langdon yang bekerja dengan fisikawan nuklir untuk memecahkan pembunuhan. Selain itu, mereka juga berusaha mencegah tindakan teroris terhadap Vatikan selama salah satu peristiwa penting dalam gereja.


Karena alur ceritanya yang seru, tak heran masih banyak orang yang menonton film Angel & Demons ini. Bahkan, novel yang menjadi sumber utama dalam pembuatan film ini masih terus diminati sampai dicetak berulang kali.


8. The Ghost Writer (2010)


Disutradarai oleh Roman Polanski, film The Ghost Writer ini dibintangi oleh bintang terkenal seperti Ewan McGregor (Ghost), Pierce Brosnan (Adam Lang), Olivia Williams (Ruth Lang), dan masih banyak lagi.


Film The Ghost Writer ini mengisahkan tentang seorang penulis hantu yang mendapatkan kontrak menguntungkan untuk menyunting memoar Adam Lang, mantan Perdana Menteri Inggris. Namun, saat sedang menjalani pekerjaannya, penulis hantu justru menemukan sebuah rahasia tentang keterlibatan Adam dalam skandal besar dengan konsekuensi internasional.


Penulis hantu itu kemudian mengungkap rahasia tersebut yang dapat membahayakan hidupnya sendiri. Saksikan film The Ghost Writer supaya tahu bagaimana nasib penulis hantu tersebut setelah membongkar rahasia mantan Perdana Menteri Inggris.


9. Tinker Tailor Soldier Spy (2011)


Tinker Tailor Soldier Spy adalah salah satu film teori konspirasi yang berkaitan dengan agen rahasia. Film yang dirilis pada tahun 2011 ini mengambil latar waktu awal tahun 1970-an selama Perang Dingin. Jajaran aktor seperti Gary Oldman (George Smiley), Colin Firth (Bill Hayden), dan Tom Hardy (Ricki Tarro) turut berkontribusi dalam pembuatannya.


Film Tinker Tailor Soldier Spy mengisahkan tentang hari-hari suram selama Perang Dingin, di mana seorang spionase George Smiley dipaksa pensiun dan diminta oleh seorang tokoh senior pemerintah untuk menyelidiki Agen Soviet dalam M16. Apakah misi Smiley berhasil? Cari tahu dengan menonton film ini di platform resmi.


10. Area 51 (2015)


Rekomendasi film teori konspirasi selanjutnya adalah Area 51. Film yang dibintangi oleh Reid Warner (Reid), Darrin Bragg (Darrin), Ben Rovner (Ben), dan Jelena Niko (Jelena) ini tayang pada tahun 2015.

Film ini mengangkat kisah soal tiga ahli teori konspirasi muda yang berusaha mengungkap misteri Area 51, lokasi rahasia pemerintah yang dikabarkan telah menjadi tuan rumah pertemuan dengan makhluk asing seperti alien. Apa yang mereka temukan di fasilitas tersembunyi itu mengungkap rahasia yang tidak terbayangkan.

Baca Juga: IdKepoin.com 

0 Komentar